Data Temuan Kepatuhan

NO TAHUN JUDUL PENGAWASAN TEMUAN REKOMENDASI RENCANA AKSI WAKTU PIC
1 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Penggunaan IT belum terintegrasi dengan baik dan belum optimal digunakan untuk mendukung proses perencanaan secara keseluruhan Menyusun Grand Design Sistem Informasi (Master Plan IT) dan menuangkannya dalam bentuk Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas Saat ini ke 4 aplikasi tsb, sudah diintegrasikan dan akan terus dikembangkan kedalam satu aplikasi Sistem Perencanaan, Penganggaran dan Kinerja dengan apa yang dinamakan aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA). Dan saat ini juga sedang dilakukan penyusunan dokumen Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (Master Plan TIK) 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan
2 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Belum ada kebijakan tata kelola sistem informasi (IT governance) secara formal Menyusun kebijakan tata kelola sistem informasi (IT Governance) sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 41 tahun 2007 tentang Panduan Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sedang dilakukan penyusunan dokumen Rancangan Permen Kebijakan Tata Kelola Tekonologi Informasi dan Komunikasi bersama dengan Biro Hukum" 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan
3 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Peran Pusdatinrenbang dalam Proses Pengembangan dan Pemeliharaan Aplikasi yang Dilakukan Unit Kerja Lain Belum Optimal Melakukan: a. Sosialisasi Tugas dan Fungsi Pusdatinrenbang kepada Unit Kerja Lain b. Analisa ketersediaan sumber daya yang diperlukan Pusdatinrenbang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya (1) Telah dilakukan sosialisasi Tugas dan Fungsi Pusdatinrenbang bersamaan dengan pelatihan, produk-produk Pusdatinrenbang seperti pelatihan naskah dinas elektronik; (2) selain itu, untuk meningkatkan peran Pusdatinrenbang seperti telah diuraikan di atas, sedang disusun Rancangan Permen PPN mengenai Tata Kelola TIK Bappenas. (2) Telah dilakukan pemetaan kekuatan SDM Pusdatinrenbang PNS dan PTT 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan
4 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Belum ada pengendalian yang memadai dalam proses input data Melakukan optimalisasi dan sosialisasi peran Pusdatinrenbang dalam penyusunan pengendalian proses input Telah dilakukan penyusunan buku petunjuk pengisian aplikasi KRISNA/petunjuk input data a. Telah ditetapkan Peraturan Menteri dan Petunjuk Pelaksanaan untuk menjadi dasar proses pengisian data dalam Sistem Informasi KRISNA, diantaranya: - Peraturan Menteri PPN No 9 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyusunan Dan Penelaahan Rencana Kerja Kementerian/Lembaga - Petunjuk Pelaksanaan No 1 Tahun 2017 tentang Penyusunan Renja KL - Petunjuk Pelaksanaan No 2 Tahun 2017 tentang Penelaahan Rancangan Renja K/L b. Telah disusun Panduan Operasional Pengisian Sistem Informasi KRISNA 2018-07-03 Direktorat Sistem & Prosedur Pendanaan Pembangunan
5 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Aplikasi belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pengguna Memperbaiki keempat aplikasi dengan melakukan pembahasan dengan user dan menuangkan secara tertulis dalam user requirements Dengan disahkannya PP No. 17/2017 maka semua aplikasi (e-musrenbang, SIMU, Renja KL dan e-monev diintegrasikan dan disempurnakan menyesuaikan dengan amanat pada PP tersebut. Penyempurnaan dilakukan baik dari sisi bisnis proses perencanaan pengganggaran maupun dari sisi pengembangan aplikasinya secara menyeluruh. Aplikasi tersebut memfasilitasi proses perencanaan, penganggaran dan kinerja yang melibatkan Kementerian PPN/Bappenas, Kemenkeu dan Kemempan yang kemudian dinamakan aplikasi "KRISNA" 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan
6 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT SOP dan dokumentasi pengembangan dan dukungan penggunaan aplikasi belum ada Mengembangkan SOP pengembangan aplikasi dan SOP penanganan masalah aplikasi Saat ini telah disusun Dokumen Standar Pengembangan Aplikasi, sebagai dokumen acuan dalam mengembangkan suatu sistem informasi di Bappenas. 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan
7 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Pengamanan akses atas aplikasi telah memadai, namun pengamanan akses ruang server perlu ditingkatkan Membangun sistem pengamanan ruang server dan akses masuk sesuai SOP Untuk pengamanan ruang server, direncanakan kedepannya untuk pengamanan ruang server tidak hanya akses masuk ke ruang server, tetapi juga perangkat yang ada didalamnya, serta komponen terkait lainnya yang berhubungan dengan operasional ruang server, seperti pasokan listrik, sistem pendingin, pemadam api, dll yang terkait dengan pengamanan ruang server. Jadi kedepannya akan disusun mekanisme pengelolaan ruang server termasuk didalamnya pengamanan ruang server baik itu secara fisik, lingkungan dan manajemen. 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan
8 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Belum ada reviu Bappenas terhadap keakuratan data yang diisi K/L dalam aplikasi Renja K/L Melibatkan direktorat sektor terkait pada proses verifikasi Renja K/L dan dituangkan dalam prosedur yang formal Telah ditetapkan Petunjuk Pelaksanaan No 2 Tahun 2017 tentang Penelaahan Rancangan Renja KL 2018-07-03 Direktorat Sistem & Prosedur Pendanaan Pembangunan
9 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Hasil ekstrak data aplikasi SIMU belum digunakan secara optimal dalam pengisian aplikasi Renja K/L Mensosialisasikan dan memastikan bahwa pengisian Renja K/L oleh K/L telah sesuai dengan data yang sudah tersedia Tagging Prioritas Nasional sudah tersedia di dalam Sistem Informasi KRISNA 2018-07-03 Direktorat Sistem dan Pelaporan Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan
10 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Data Renja K/L yang dimanfaatkan oleh aplikasi e-monev belum menggunakan data terakhir Melakukan: a. Pembuatan SOP tentang pemutakhiran data Renja K/L terhadap RKA K/L pagu definitif b. Penerapan aplikasi Renja K/L yang sudah memiliki platform web based secara web based sehingga perubahan bisa dilakukan oleh masing-masing K/L dengan pengawasan oleh Bappenas 1. Database yang digunakan di e-monev adalah data Renja K/L. Adanya data yang berbeda antara data e-monev dengan data Renja K/L terjadi karena adanya perubahan data dari Renja K/L ke RKA-K/L sedangkan K/L seringkali tidak melakukan edit (perbaikan data) di aplikasi Renja K/L. Untuk itu tiap awal tahun Direktorat SPPEPP meminta K/L untuk melakukan pengecekan data di e-monev disesuaikan dengan data Renja terakhir, kemudian jika ada perbedaan maka K/L harus menyampaikan data semula menjadi ke Dit. SPPEPP untuk dilakukan perbaikan data. 2.Data yang ada dalam e-monev saat ini adalah data yang termutakhir, yang sudah diperbaiki sesuai dengan data Renja K/L dan RKA-KL. 2018-07-03 Direktorat Sistem dan Pelaporan Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan
11 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Pengamanan atas aplikasi dan database Renja K/L belum ada Mengamankan aplikasi dan database Renja K/L Yang telah kami lakukan dalam hal pengamanan aplikasi antara lain dengan melakukan penetration test/scan tes terhadap aplikasi, memasang firewell pada jaringan komputer Bappenas, anti virus dan mem-back-up aplikasi dan database secara rutin ke media lain dan ke DRC (Data Recofery Centre) 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan
12 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Sumber input data e-monev belum sepenuhnya tepat Mengupayakan terjadinya sharing data antara aplikasi di Bappenas dengan Kementerian Keuangan, yaitu antara aplikasi Renja K/L dengan RKA K/L melalui MoU Transfer data Sistem Informasi KRISNA ke Aplikasi RKA-K/L telah dilakukan secara reguler 2018-07-03 Direktorat Sistem & Prosedur Pendanaan Pembangunan
13 2016 Tindak Lanjut Hasil Audit Penggunaan IT Aplikasi e-monev telah memanfaatkan data dari Renja K/L namun data Renja K/L belum mutakhir Pemutakhiran data dan perbaikan aplikasi Renja K/L Sudah dikembangkan Sistem Informasi KRISNA 2.0 yang memiliki fasilitas API 2018-07-03 Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan